Beberapa Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Akhlak Siswa
Dalam dunia pendidikan guuru tidak hanya mengajarkan materi tetapi juga harus membina akhlak dan mora siswa. dan identikya pada sekolah-sekolah pada umumnya tugas ini menjadi tugas khusus dari guru bimbingan konseling.
Pengalaman
menunjukkan bahwa kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak
selalu disebabkan oleh kebodohan atau rendahnya inteligensi. Sering kegagalan
itu terjadi disebabkan mereka tidak mendapat layanan bimbingan yang memadai,
maka dari itu untuk membantu anak dalam meningkatkan akhlaknya peranan guru
sangat diperlukan dalam hal ini. Peranan-peranan ini dibagi dalam 4 kelompok,
diantaranya :
1) Berperan sebagai pencegah, yang
membantu anak menemukan cara-cara mengatasi persoalan, yang mungkin akan
menjurus ke penyimpangan perkembangan mental atau tekanan jiwa atau timbulnya
kelainan ataupun gangguan jiwa.
2) Berperan memelihara anak sebagai
pribadi yang sudah mencapai perkembangan, baik keseimbangan emosi maupun
keserasian kepribadian, agar merupakan suatu kesatuan kepribadian yang kuat.
3) Berperan dalam membantu, pembentukan
penyesuaian diri, yakni dengan jalan membantu anak menghadapi, memahami dan
memecahkan masalah untuk mencapai hasil yang optimal, baik dalam jenjang karier
maupun dalam hubungan sosial.
4) Berperan memperbaiki atau
menyembuhkan bila terjadi penyimpangan atau kesulitan yang sudah berakar,
membantu mencari akar daripada penyimpangan kenakalan, gangguannya, supaya
dapat disembuhkan dan tercapai taraf kehidupan normal.[1]
semoga bermanfaat.....
No comments:
Post a Comment