Motivasi Belajar
1. Pengertian Motivasi Belajar
“Motivasi
adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan
timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.[1]
“Motivasi
adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkahlaku. Dorongan ini
berada pada diri seseorang yang menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang
sesuai dengan dorongan dalam dirinya”.[2]
“Motivasi adalah perubahan energi
dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan
reaksi untuk mencapai tujuan[3]”.
“Motivasi
belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada Peserta didik-Peserta didik
yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkahlaku”.[4]
Berdasarkan penjelasan di atas dapat di uraikan bahwa motivasi merupakan dorongan atau hasrat
dari dalam diri individu yang menimbulkan keinginan untuk belajar demi mencapai
tujuan yang diinginkan, motivasi juga berasal dari dalam dan dari luar diri siswa.
2.
Macam-Macam
Motivasi Belajar
Motivasi
bagi siswa dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif serta menggerakkan dan
memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Macam-macam motivasi dibagi
menjadi dua yaitu:
a. Motivasi Intrinsik adalahmotivasi
yang berasal dari dalam diri individu tanpa rangsangan dari luar..
Berdasarkan
pendapat diatas dapat di uraikan bahwa motivasi itu berasal dari dalam
diri seseorang maupun dari luar diri seseorang itu, kedua-duanya saling
dibutuhkan untuk menunjang motivasi seseorang.
3 3. Fungsi Motivasi Belajar
Motivasi sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena dengan adanya
motivasi tersebut maka keinginan dan gairah belajar pada diri siswa akan
timbul, oleh karena itu siswa diharapkan memiliki motivasi
yang kuat dalam belajar, sehingga dapat
terdorong, terarah dan terseleksi kegiatan.
Motivasi dianggap penting dalam upaya belajar. Fungsi
motivasi adalah :
a.
Mendorong
timbulnya tingkah laku atau perbuatan. Tanpa motivasi tidak akan timbul suatu
perbuatan misalnya belajar.
b.
Motivasi
berfungsi sebagai pengarah artinya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan
yang diinginkan.
c.
Motivasi
berfungsi sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar
kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.[6]
Berdasarkan pendapatdi atas dapat di uraikan bahwa fungsi
motivasi merupakan kegiatan yang bertujuan mendorong, mengarahkan dan
megerakkan dirinya (siswa) untuk melakukan suatu perbuatan yang berkenaan
dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapainya.
4.
4. Bentuk-Bentuk
Motivasi Belajar
Kegiatan
belajar peranan motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat di perlukan.
Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan di
sekolah yaitu :
a.
Memberi
angka, angka dalam hal ini sebagai simbol dan nilai kegiatan belajar yang
baik,maka siswa yang utama justru
mencapai angka/nilai yang baik.
b.
Hadiah,
dengan diberi hadiah dari hasil belajar yang baik, maka siswa akan termotivasi
untuk meningkatkan belajar agar mendapatkan
nilai yang tinggi.
c.
Saingan
/ Kompetensi, siswa dalam termotivasi dengan cara saingan/ kompetensi dengan
teman belajarnya.
d.
Ego
Invovement, dengan menumbuhkan kesadaran kepada siswa akan merasakan pentingnya
tugas dan menerimanya sebagai tantangan
sehingga bekerja kera dengan mempertahankan harga diri.
e.
Mengetahui
hasil, dengan mengetahui hasil pelajaran, akan mendorong siswa untuk lebih giat
belajar.
f.
Pujian
adalah bentuk reinformcemen yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang
baik.
g.
Hukuman
sebagai reinforcemen yang negatif tetapi bila di gunakan secara tepat dan bijak
akan menjadi salah satu alat motivasi. Oleh karena itu, guru harus mengetahui
prinsip-prinsip pemberian hukuman.
h.
Hasrat
untuk belajar, berarti ada unsur kesengajaan. Ada maksud untuk belajar, hal ini
akan menjadi lebih baik bila dibandingkan segala sesuatu kegiatan yang tanpa
maksud.
i.
Minat,
motivasi muncul dengan adanya kebutuhan, begitu juga dengan minat, maka minat
merupakan alat motivasi yang pokok.
j.
Tujuan
yang diakui merupakan salah satu cara untuk menimbulkan motivasi dalam belajar
karena dengan adanya tujuan, maka akan timbul gairah untuk terus belajar ”.[7]
Berdasarkan
pendapat di atas dapat di uraikan bahwa bentuk motivasi yang bertujuan untuk
menumbuhkan dan mendorong semangat siswa dalam proses pembelajaran agar tujuan
pembelajaran tercapai dengan baik.
5.
5. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
Seorangindividumembutuhkansuatudoronganataumotivasisehinggasesuatu
yang diinginkandapattercapai.Faktor-faktor yang mempengaruhimotivasibelajarantaralain :
a. Cita-cita/aspirasipembelajar.
b. Kemampuanpembelajar.
c. Kondisi pembelajar.
d. Kondisilingkungan
pembelajar.
Berdasarkan pendapat di atas dapat di uraikan
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah dorongan dari
dalam diri siswa maupun dari ligkungan sekitar. Faktor ini sangatlah penting
dalam proses belajar karna dapat menimbulkan motivasi maupun keinginan siswa
untuk belajar.
No comments:
Post a Comment