3. Komponen media dan sarana Prasarana
Media merupakan sarana dan perantara dalam pembelajaran. Sarana dan prasarana atau media merupakan alat bantu untuk memudahkan dalam mengaplikasikan isi kurikulum agar lebih mudah dimengerti oleh anak didik dalam proses belajar mengajar. Pemakain media dalam proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh seorang pendidik atau guru agar apa yang disampaikan terhadap anak didik dapat memiliki makna dan arti penting bagi anakdidik dikarenakan telah berhasil menyerap, memahami suatu materi pelajaran yang di tempuhnya.[1]
Ketepatan memilih alat media,
menurut Subandijah (1993:5) merupakan hal yang dituntut bagi seorang pendidik
atau guru agar materi yang ditransfernya bisa berjalan sebagaimana mestinya,
dan tujuan pengajaran atau pendidikandari proses belajar mengajar yang ada
diharapkan bisa tercapai dengan baik.[2]
Rowntree mengelompokan media
mengajar menjadi lima macam dan disebut modes, yauitu interaksi insani, realita, pictorial, simbol tertulis dan rekaman suara.
a) Interaksi insani, media
ini merupakan interaksi langsung antara dua orang atau lebih. Dalam komunikasi
tersebut kehadiran suatu pihak secara sadar atau tidak sadar mempengaruhi
perilaku yang lainnya. Terutama kehadiran guru yang mempengaruhi perilaku
siswanya. Interaksi insani dapat berlangsung mealui komunikasi verbal maupun
non verbal.
b) Realita, realita
merupakan bentuk perangsang nyata seperti orang-orang, benda-benda, binatang,
peristiwa dan lain sebagainya yang diamati oleh siswa.
c) Pictorial, media
ini menunjukan penyajian berbagai bentuk variasi gambar, dan diagram nyata atau
simbol, bergerak atau tidak, dibuat di atas kertas, film, kaset, disket, dan
media lainnya.
d) Simbl tertulis, simbol
tertulis merupakan media penyajian informasiyang paling umum, tetapi tetap efektif. Ada
beberapa macam bentuk media simbol tertulis seperti buku teks, buku paket,
modul, dan majalah-majalah. Penulisan simbol-simbol tertulis biasanya
dilengkapi dengan media pictorial seperti gambar,-gambar, bagan, grafik dan
lain-lain.
e) Rekaman suara, berbagai
bentuk informasi dapat disampaikan kepada anak dalam bentuk rekaman suara.
Rekaman suara dapat disajikan secara tersendiri atau digabung dengan media pictorial.[3]
No comments:
Post a Comment