5. Komponen Proses Belajar Mengajar
Komponen
ini sangatlah penting dalam suatu prosses pengajaran atau pendidikan. Tujuan
akhir dalam proses belajar mengajar adalah diharapkan terjadinya perubahan
dalam tingkah laku anak didik. Komponen ini juga mempunyai keterkaitan erat
dengan suasana belajar di ruangan kelas maupun di luar kelas. Berbagai upaya
pendidik untuk menumbuhkan motivasi, kreatifita dalam belajar baik di dalam
maupun individual (di lar kelas) merupakan suatu langkah yang tepat.
Dalam kaitanya, guru dalam
menciptakan suasana pengajaran yng kondusif agar efektifitas tercipta dalam
proses pengajaran, Subandijah mengatakan bahwa guru perlu memusatkan dalam
kepribadiannya dalam mengajar, menetapkan metode mengajarnya, memusatkan proses
dengan produknya, dan memusatkan pada
kompetensi yang relevan. Barangkali mengoptimalkan peran guru sebagai educator, motivtor, manager, dan fasilitator
merupakan suatu tuntutan dalam memperlancar proses belajar mengajar ini.
Semakin maju dunia pendidikan suatu negara maka peran-peran di atas tentunya
semakin digunakan oleh seorang pendidik dalam menggeluti profesimya agar lebih
profesional.
No comments:
Post a Comment